SEJARAH DESA

Konon Desa Mulyorejo dalam sejarahnya, Raja Mataram Sultan AGUNG HANYOKROKUSUMO Pada waktu itu akan menyerang ke BATAVIA th 1628/1629.

Dulu kala Raja Mataram Sultan AGUNG HANYOKROKUSUMO pada waktu itu akan menyerang ke BATAVIA, tahun 1628/1629. Butuh lumbung padi dan beras, untuk itu butuh lahan pertanian yang luas. Maka dari itu Raja Mataram kemudian mengutus Abdi Dalem KI AGENG CEMPALUK untuk memperluas lahan ke utara sampai hutan SOKO, yang sejuk dan menyenangkan, serta banyak tumbuhi pohon-pohon bakung.

Kemudian para pekerja pembabat hutan, banyak yang istirahat di tempat itu sambil tiduran. Karena merasa nyaman dan tentram, kemudian musyawarah, sepakat untuk tinggal dihutan SOKO, dengan mendirikan perkampungan. Karena diperkampngan banyak ditumbuhi pohon bakung yang tidak bisa dimakan, kemudian sesepuh kampung yang berdasarkan musyawarah sepakat memberi nama kampung itu BAKUNGAN (wit bakung sing ora keno pangan).

Kampung bakungan hidup tentram hanya sayang sulit air untuk kebutuhan minum mandi dan cuci dan buang hajat, karena jauh dari sungai. Akhirnya satu demi satu penduduk pindah ketimur yang dekat sungai sragi, yang akhirnya pindah semua ketempat yang dengan kampungnya masih teteap nama BAKUNGAN. Di tempat yang baru, masyarakat hidup tentram dengan bertani. Entah siapa yang jadi tetua adatnya.